Pages

Jumat, 02 Maret 2012

tubuh fit dan bugar

Supaya tubuh terjauh dari penyakit, Anda perlu berolahraga secara teratur. Yang namanya olahraga, banyak jenisnya. Anda mungkin sering dengar banyak masukan dari orang lain. Baiknya olahraga seperti ini dan itu sehingga akhirnya Anda jadi kebingungan.

Menurut Bob Greene, pelatih olahraga terkenal di Amerika Serikat, sebenarnya ada tiga jenis olahraga yang perlu Anda lakukan dalam keseharian. Ketahui apa saja tiga jenis olahraga itu dan bagaimana Anda bisa mencapainya:

1. Kardio
Jenis olahraga ini penting jika Anda ingin menurunkan berat badan atau sekadar menjaganya pada tataran ideal.

Porsi latihan: Sekitar 6 jam seminggu pada intensitas menengah atau agak tinggi. "Pada intensitas ini, Anda akan perlu menarik napas dalam-dalam sehingga energi yang dikeluarkan juga cukup besar," kata Greene.

Contoh latihan: Bersepeda atau berjalan kaki selama satu jam, enam hari seminggu. Atau, berenang selama 75 menit, lima hari seminggu.

2. Latihan beban
Latihan ini akan mengencangkan otot sekaligus membakar kalori di dalam tubuh. Dengan berlatih secara teratur, pembakaran kalori bahkan akan terus berjalan sampai ketika Anda sedang tertidur. Latihan beban juga baik untuk menjaga massa tulang sehingga terhindar dari risiko osteoporosis.

Porsi latihan: Dua hingga tiga kali seminggu. Gunakan beban yang sesuai dengan kebutuhan–jangan terlalu ringan sehingga tidak ada tantangannya, tetapi juga jangan terlalu berat sehingga bisa menimbulkan cedera.

Contoh latihan: Gerakan apa pun dengan menggunakan beban berupa dumbbell atau dengan bantuan mesin. Lakukan beberapa variasi gerakan sehingga bisa mengencangkan otot di berbagai area tubuh, mulai dari perut, punggung, lengan, bahu, hingga kaki.

3."Functional fitness"
Yang dimaksud dengan functional fitness di sini adalah latihan-latihan yang bisa membantu melatih kekuatan sekaligus ketangkasan kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jenis latihan ini juga akan membuat dua jenis latihan lainnya dapat dijalani dengan lebih mudah, sekaligus melindungi Anda dari cedera. Latihan functional fitness ini juga membantu melatih fleksibilitas atau kelenturan tubuh, keseimbangan, serta koordinasi. Selain itu, latihan ini juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh serta "memoles" gerakan Anda hingga bisa terlihat lebih anggun.

Porsi latihan: Sebaiknya setiap hari.

Contoh latihan: Berbagai jenis stretching, mulai dari sit-up, push-up, hingga latihan-latihan jenis lainnya yang bisa dilakukan dengan atau tanpa tambahan beban. Yang juga termasuk dalam kategori ini adalah latihan yoga atau Pilates.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar