Pages

Jumat, 02 Maret 2012

hati-hati tentang mengkonsumsi obat

Hati-Hati..........
Konsumsi Obat Terlalu sering.....???
Apakah Anda termasuk orang yang hobi mengkonsumsi obat......??
Setiap muncul keluhan, seperti pusing demam, Batuk dan lainnya anda pasti mengkonsumsi satu macam obat bahkan lebih, untuk mengurangi keluhan tersebut, Jika anda termasuk salah satunya, hati-hati beberapa tahun kedepan anda mungkin baru akan mulai measakan efek karena terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan.
Belakangan ini jumlah pasien yang gangguan hati cenderung cenderung meningkat terutama anaj-anak dan orang tua. setelah ditelusuri ternyata penggunaan obat yang berlebihan alah pemicunya. Sekarang ini anak-anak bahkan bayi sudah harus mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lama, seperti obat TB dan orang tua yang harus mengkonsumsi obat Diabetes Melitus. Anak-anak maish dalam usia pertumbuhan, semua organ yang berperan dalam metabolisme belum sempurna fungsinya, sedangkan pada orang tua fungsi organ-organ tubuhnya sudah mengalami penurunan, dalam metabolisme obat organ yang berperan penting adalah hati dan ginjal.
Hati adalah organ yang sangat berperan penting untuk menetralisir racun dalam tubuh kita, bila hati kita rusak tidak bisa berfungsi dengan baik, kita bisa bayangkan berapa banyak racun yang akan beredar ditubuh kita, sedangkan ginjal yang mempunyai fungsi utama sebagai pengeluar sisa-sisa metabolisme serta menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit melalui urin, banyak orang yang tidak sadar untuk menjaganya sehingga ginjal menjadi tidak sehat bahkan terjadi gagal ginjal, Jika tidak diobati, penyakit ginjal bisa menimbulkan komplikasi khususnya yang berkaitan dengan jantung. Berdasarkan penelitian, obat-obat dengan efek antiperitik anti inflamasi, analgesik, obat-obat diuretik, obat pelangsing serta anfetamin dapat tmemicunya terjadinya gangguan pada hati dan ginjal. Konsumsi suplemen dan obat herbal yang manjur dan cespleng sebaiknya dihindari karena kita tidak tahu isi atau kandungannya apa? Bisa saja sudah dicampur dengan bahan kimia obat yang memiliki resiko merusak ginjal. Kebanyakan obat memiliki sifat tidak larut dalam air sehingga perlu diproses dalam hati agar larut dalam air sehingga mudah untuk dibuang dari tubuh melalui ginjal dalam bentuk urin.
Gar hati dan ginjal kita tetap berfungsi dengan baik, pencegahan bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, menghindari penggunaan produk temabakau, dan minum beralkohol, membatasi konsumsi kafein. Konsumsi air putih dalam kadar yang tepat dan yang terpenting karena sering kali kita tidak sadari efeknya adalah waspadai penggunaan obat-obatan, banyak sekali obat bermerek maupun generik yang beredar dipasaran, masyarakat harus memiliki pemahaman yang baik tentang penayakit yang mereka derita, serta jeli dalam memilih penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar