Pages

Senin, 20 Februari 2012

Sejarah Berdirinya SMA NEGERI 20 SURABAYA

Secara singkat, sejarah berdirinya SMA Negeri 20 Surabaya dapat dijelaskan sebagai berikut. SMA Negeri 20 Surabaya sebagai salah satu sekolah tambahan di dilingkungan Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya pada awalnya dibuka sejak tahun 1989 lalu, dengan tujuan menambah daya tampung jumlah sisiwa yang ingin masuk sekolah negeri.

.......... Sebagaimana yang tercantum dalam surat keputusan kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur No.352/ 104/ A/ 1989 tertanggal 22 Juni 1989 tentang pembukaan dan pengelola sekolah baru diwilayah kotamadya Surabaya.
Sedangkan yang ditunjuk sebagai pengelola SMA Negeri 20 Surabaya pada waktu itu adalah SMA Negeri 16 Surabaya yang terletak di Jalan Panjang Jiwo Surabaya. Hal itu karena pada saat itu, pembangunan gedung SMA Negeri 20 Surabaya sendiri belum selesai.
.......... Kemudian pada tahun ajaran 1990/1991, setelah gedung sekolah tersebut telah selesai dibangun yakni pada tahun 1990, maka sejak itu, SMA Negeri 20 Surabaya dipindahkan ketempat yang baru yakni di Jalan Medokan Semampir Sukolilo Surabaya sampai dengan sekarang ini.
Keberadaan sekolah menengah atas ini, juga diperkuat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan RI No.0389/ o/ 1990 tanggal 11 Juni 1990 tentang penegerian sekolah di lingkungan Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur.

.......... Pada saat itu, sekitar tahun 1989 untuk kali pertamanya SMA Negeri Surabaya pengelolannya dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah (Kepsek) Soetomo BA. Hingga kini, telah terjadi pergantian Kepsek sebanyak enam kali dan kini yang terakhir dijabat oleh Hj. Sri Widiati, S.Pd, M.M.

Lokasi SMA Negeri 20 Surabaya
 
..........
SMA Negeri 20 yang berdiri diatas lahan sekitar 10.380 m2 terletak di Jln. Medokan Semampir--Sukolilo ini, pada awalnya memang sering terkena dampak banjir terutama di musim penghujan. Hal itu karena semula letak geografis sekolah tersebut, berdiri diatas lahan kawasan bekas persawahan dan berdekatan dengan kawasan pertambakan.

.......... Akibatnya--ketika di musim penghujan, pada saat itu sekolah tersebut setiap tahun sering mengalami kebanjiran. Sehingga, sering para siswa dan guru maupun tenaga adminsitrasinya tidak dapat datang ke sekolah, imbasnya terkadang kegiatan dari sekolah itu sekitar 1989 dan 1990 yang lalu sering diliburkan selama dua hingga tiga hari.
.......... Namun sejak tahun 2.000 lalu, dan sejak dibangunnya saluran air untuk pembuangan dan peninggoan jalan raya, sekolah tersebut tak lagi terkena dampak banjir. Meski demikian, hingga kini --kesan sekolah banjir oleh sebagian warga Surabaya tampaknyai masih melekat, padahal sejak tahun itu, sekolah tersebut tak lagi terkena dampak banjir.

.......... Pembangunan gedung SMA Negeri 20 yang dimulai sejak 1988 dan selesai 1989, pada awalnya hanya terdiri dua buah gedung terbagai atas enam ruang kelas belajar. Kemudian pada 1991, mendapat tambahan sebuah gedung lagi yang terdiri dari tiga tambahan ruang kelas belajar, dua ruang kelas diantaranya berasal dari bantuan pemerintah dan dari swadaya orang tua siswa.

.......... Demikian juga, pada 1993, sekolah tersebut juga kembali mendapat tambahan pembangunan gedung, yang terdiri tiga ruang kelas belajar. Dengan begitu, pada saat itu, SMA Negeri 20 telah memiliki 13 ruang kelas belajar seiring dengan perjalanan waktu dan kini totalnya menjadi 28 ruang kelas belajar dengan berbagai sarana dan prasarana yang cukup memadai atau representatif. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar